Anak Papua Layak Diberi Kesempatan di Timnas

Jayapura: Para pemain muda berbakat di seluruh Tanah Air pantas menghuni Tim Nasional, termasuk dari Papua. Permainan sepakbola anak-anak Papua tidak kalah dengan daerah lain dan bahkan memiliki keunggulan fisik dibanding yang lain.

Jadi, anak-anak Papua layak diberi kesempatan untuk berkarier di Tim Merah Putih. Tidak cuma di level senior, tetapi di semua jenjang umur. “Anak-anak Papua yang menggilai sepakbola layak mendapatkan kesempatan bermain di Timnas, baik itu di U-17, U-21, U-23 maupun di level senior,” kata Marcelino Roy Hababuk di Jayapura, Kamis (4/8).

Marcelino mengatakan, permainan Boaz Solossa dalam mengolah si kulit bundar merupakan contoh konkret dari segelintir anak-anak Papua di Timnas. Selain Boaz, Ricardo Salampessy merupakan pemain asli Papua yang merupakan langganan Timnas. Sejumlah pemain lainnya yang pantas diperhitungkan yakni Titus Bonay, Emanuel dan Patrick Wanggai, David Uron, Gerald Pangkali, Yustinus Pae, dan Ian Louis Kabes.

Hababuk tidak memungkiri sebagian pemain asal Papua bertemperamen dan kurang disiplin. Tapi, menurutnya, hal itu pasti dilatarbelakangi suatu masalah yang sedang dihadapi mereka. Seharusnya pelatih maupun official tim dapat melihat itu dan, kata dia lagi, mencari solusinya bukan malah mendepak dari tim.

“Saya pikir hal ini juga dijumpai oleh timnas dari negara lain dan juga klub profesional. Dan ini semua tergantung bagaimana pendekatan dari sang pelatih,” imbuhnya. “Kesempatan yang diberikan untuk bermain di Timnas bisa menghilangkan rasa dianaktirikan dari anak-anak Papua.”(DIM/Ant)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s