Mahalnya Nonton Bola di Inggris

London: Sepakbola menjadi tontonan mahal dalam beberapa tahun terakhir. Untuk menyaksikan langsung setiap pertandingan Liga Premier di stadion, setiap suporter dewasa rata-rata mesti merogoh kocek sebesar 20 pound atau Rp 280 ribu.

Menurut studi yang dilakukan, seperti dilansir BBC, hanya ada dua klub di Liga Premier yang punya rata-rata pengeluaran lebih minim dari 20 pound. Catatan, total pengeluaran tersebut untuk membeli tiket paling murah dengan cemilan dan segelas teh hangat. Situasi itu tidak hanya dikeluhkan fans klub Liga Premier, tapi juga tiga divisi di bawahnya.

Kelompok suporter yang ada di Inggris takut indikasi ini menjadi tanda akan semakin banyaknya suporter dari kelas menengah yang akan menanggalkan dukungan langsungnya. Sementara itu, para pemilik klub Liga Premier beranggapan pengeluaran per kepala itu sebanding dengan tayangan hiburan lain.

Berdasarkan data hasil survei, harga tiket termahal untuk menyaksikan laga langsung di stadion dipegang Arsenal dengan 100 pound (Rp 1,4 juta). Tetapi, paket menyaksikan laga di Emirates Stadium lebih murah ketimbang di Anfield. Jika untuk menyaksikan Arsenal perlu mengeluarkan 44 pound (Rp 616 ribu), menonton aksi Liverpool di kandang bisa menguras 46,95 pound (Rp 657,3 ribu).

Blackburn Rovers paling murah. Tiket termurah di Ewood Park dijual 10 pound (Rp 140 ribu) dan ditambah dengan sepotong kue dan segelas teh maka total dana yang mesti dikeluarkan mencapai 17,5 pound (Rp 245 ribu).

Wigan Athletic yang musim lalu nyata-nyata hampir terdegradasi ternyata tidak lebih murah. Menonton The Latics berlaga di DW Stadium bisa menguras dompet 21,6 pound (Rp 302,4 ribu). Yang menarik, Queens Park Rangers (QPR) berada di urutan ketiga untuk paket menonton termahal. Fans klub yang baru promosi tersebut harus mengeluarkan 42,8 pound (Rp 599,2 ribu).

Survei itu tidak memiliki data untuk paket menyaksikan laga di kandang Manchester City dan Chelsea. Namun diperkirakan juga akan sangat tinggi.

Sebagai perbandingan, untuk membayar gaji Yaya Toure yang 221 ribu pound (Rp 3 miliar) per pekan, dibutuhkan 8.840 suporter City hanya untuk membeli tiket dengan harga termurah. Atau, dibutuhkan 7.447 suporter Chelsea pembeli tiket termurah untuk membiayai gaji Fernando Torres di Chelsea yang per pekannya 175 ribu pound (Rp 2,45 miliar).(DIM/The Sun)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s