PNS di Padang Pariaman Wajib Melek Internet

Pariaman: Pegawai negeri sipil Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat, wajib menguasai bidang teknologi, informasi, komunikasi (TIK) seperti menggunakan internet. Hal ini untuk melancarkan tugasnya sebagai aparatur negara.

Menurut Kepala Bagian Pusat Data Elektronik Padang Pariaman Rudy R. Rilis, baru-baru ini, untuk mewujudkan harapan tersebut, pihaknya bakal memberi pelatihan penggunaan internet. Termasuk melatih membuat email bagi para PNS. “Bupati sangat fokus agar Kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) bisa menggunakan surat elektronik (e-mail) sebagai alat lalu lintas surat,” katanya.

Oleh karena itu, katanya, kepala SKPD harus terlebih dahulu menguasai internet. Dikatakannya, pelatihan penggunaan email dilaksanakan oleh Tim Pengembangan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (Petik) bersama Bagian PDE sepeka terakhir.

Pada minggu depan, pelatihan penggunakan e-mail digelar di tingkat kecamatan. Dalam pelatihan itu, katanya, tidak dibenarkan kepala SKPD membawa staf pendamping agar pelatihan yang dilaksanakan tepat sasaran. Selama ini surat-menyurat dikirim menggunakan kurir atau petugas caraka. Sistem konvensional tersebut banyak kelemahannya seperti memerlukan biaya dalam pengiriman dan terkadang surat terlambat datang.

Dengan pemberlakukan pengiriman surat melalui email, menurut Rudy, lebih efektif apalagi jaringan internet di Padang Pariaman sudah terpasang hingga ke kecamatan. Pemasangan jaringan internet sebagai upaya dalam menunjang operasional aplikasi-aplikasi yang telah disiapkan oleh Bagian PDE. Di antaranya untuk operasional layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), Sistem Absensi Kepegawaian, layanan Surat Maya dan lain sebagainya.(Ant/ULF)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s