Penyebab Sering Pingsan

 Jakarta: Mungkin Anda pernah lihat seseorang sering pingsan. Dalam sebulan, bisa tiga kali alami pingsan. Padahal bila dilihat secara fisik, tak ada masalah dengan kesehatannya.

Pingsan merupakan kondisi dimana kesadaran seseorang menurun akibat tersumbatnya aliran darah dan oksigen ke otak. Gejala pertama yang dirasakan seseorang jelang pingsan. ia akan merasa pusing, berkurangnya penglihatan, tinitus, dan rasa panas. Selanjutnya, penglihatan orang tersebut akan gelap dan ia akan jatuh atau terkulai.

Penyebab seseorang tidak sadar secara berulang – ulang, dikarenakan seperti kurangnya perfusi ke otak. Misalnya karena tekanan darah rendah, atau berdiri terlalu lama di tempat panas, atau kelainan jantung. Selain itu, hal yang bersifat psikis tidak boleh diabaikan. Jaga emosional Anda agar tetap stabil meski dalam kondisi tertekan. Kondisi ini biasanya dialami oleh kaum hawa yang tak kuat dengan keadaan yang ia derita. Seperti “ditinggal” suami karena kecelakaan, melihat api di saat kebakaran melanda, dan sebagainya.

Karenanya, sebelum memutuskan penyebab utama dari kondisi ini, baiknya ketahui dulu dasar dari permasalahan tersebut, apakah bersifat fisik atau psikis. Hal itu, akan berbeda pada pendekatan jalan keluarnya. (berbagai sumber/ARI)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s