Kenali Tanda-tanda Kurang Gizi

Gizi membuat seseorang jadi sehat dan segar. Banyak para ahli menyarankan kita untuk melengkapi gizi agar aktivitas harian berjalan lancar. Saat tubuh kekurangan gizi, akan menimbulkan tanda-tanda yang dapat kita kenali. Apa
sajakah itu?

Menurut situs dailymail, baru-baru ini, kondisi lelah, lesu, serta sulit konsentrasi adalah salah satu tanda jika tubuh Anda kekurangan zat besi. Zat yang terkandung dalam daging, telur, dan buah yang mengandung citamin C ini dapat membuat sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Kedua, rasa gatal pada kulit. Kondisi ini disebabkan karena tubuh kekurangan mineral seng (zinc) yang dapat membantu membuang karbon dioksida dari dalam tubuh. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan laut.

Selanjutnya adalah lidah teras nyeri. Ini karena adanya kekurangan vitamin B12 yang berakibat luka pada ujung bibir, rasa panas pada mata, seperti terbakar. Kondisi ini sering menyerang orang yang gemar meminum kopi, pengguna obat penenang, dan obat sakit lambung. Anda dapat mengonusmi hati, kuning telur, gandu, bayam, dan meminum susu untuk langkah pencegahannya.

Dan tanda terakhir ialah rambut berketombe dan kulit bersisik. Munculnya tanda tersebut akibat tubuh kekurangan vitamin A yang berfungsi melawan infeksi dan meningkatkan fungsi penglihatan serta menjaga ksehatan kulit. Kandungan vitamin A bisa diperoleh pada wortel, kentang, melon, pepaya, dan lain sebagainya.

Karena itu, mulai saat ini, jagalah asupan gizi Anda dengan mengonsumsi bahan-bahan penunjang kelengkapan gizi. Membiasakan hidup sehat bisa dilakukan mulai dari yang kecil dan murah harganya. Sebab, sehat itu mahal harganya.(BOG)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s