Ilmuwan Inggris Kembangkan Brokoli Super

London: Baru-baru ini, ilmuwan Inggris meluncurkan sayuran generasi baru yang diklaim memiliki gizi dalam jumlah cukup besar. Sayuran ini berupa brokoli yang secara khusus dikembangkan dengan kandungan glucoraphanin dua sampai tiga kali lipat dari jumlah normal. Glucoraphanin adalah zat nutrisi yang bisa membantu mencegah penyakit jantung.

“Sayuran memang memiliki segudang kandungan obat,” kata Richard Mithen, yang memimpin tim ilmuwan di Institute for Food Research di Norwich, Inggris, yang mengembangkan brokoli baru tersebut. “Bila Anda memakan brokoli ini. Anda bisa menurunkan kolesterol dalam aliran darah Anda,” katanya kepada Associated Press, Rabu (26/10).

Glucoraphanin diketahui bekerja dengan cara memecah lemak di dalam tubuh dan mencegah arteri yang menyumbat. Kandungan nutrisi ini hanya ditemukan pada brokoli dalam jumlah yang signifikan.

Untuk mengembangkan sayuran yang dijual dengan nama “brokoli super,” Mithen dan koleganya mengawinkan bibit brokoli tradisional Inggris dengan berbagai Sisilia liar yang tidak memiliki kepala bunga, dan dosis besar glucoraphanin. Setelah 14 tahun, hibrida yang ditingkatkan ini akhirnya diproduksi dan dipatenkan.

Sebelumnya, brokoli super ini sudah dijual di toko-toko Beneforte pilihan di California dan Texas pada tahun lalu, dan akhirnya masuk di pasar Inggris mulai bulan ini. Mulai musim gugur ini, brokoli ini juga akan diluncurkan di Amerika Serikat. (YUS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s