Kebiasaan yang Justru Bisa Merusak Gigi

Banyak yang bilang jika makan permen bisa merusak gigi. Namun, siapa sangka jika ternyata makan apel justru bisa lebih cepat merusak gigi. Loh kok bisa?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Institusi Gigi King College di London, Inggris, baru-baru ini, apel justru berbahaya bagi orang yang tengah melakukan perawatan gigi. Hal itu disebabkan efek berbahaya dari apel pada gigi adalah sekitar empat kali lebih besar daripada minuman berkarbonasi.

Para ilmuwan telah memperkirakan beberapa jenis apel mengandung empat sendok teh gula yang bisa meningkatkan tingkat keasaman dalam mulut. Hal ini diketahui bahwa kalsium menetralkan asam, juga memperkuat jaringan tulang, termasuk gigi. Karena itu, ahli gizi merekomendasikan Anda harus mengonsumsi sepotong keju sebelum makan apel karena bisa membantu melindungi gigi.

Lalu, apa lagi makanan lain yang juga bisa merusak gigi?

Bukan hanya anggur dan bir saja yang dapat merusak gigi, jus buah juga memiliki efek serupa. Minuman itu membuat risiko mengalami sakit gigi empat kali lebih tinggi jika dikonsumsi terus menerus. Dokter merekomendasikan keputusan yang bijaksana, minum jus dengan sedotan dan memilih jus buah segar tanpa gula.

Sereal

Alasan mengapa sereal ke dalam daftar hitam dokter gigi karena tingginya kandungan gula. Dokter menyarankan makan sereal minimal lima kali sehari (termasuk snack makan siang dan sore). Seperti diet akan membantu untuk menghindari “ngemil”.

Menyikat Gigi Setelah Makan

Menyikat gigi setelah makan ternyata tidak berguna seperti yang dikira banyak orang. Hal itu karena enamel gigi dilunakkan oleh asam yang sangat rentan akibat menyikat gigi sehingga kerusakan lebih besar terjadi. Anda hanya perlu menunggu 30 menit sehabis makan untuk menyikat gigi.

Permen Karet

Para ilmuwan menemukan bahwa kebiasaan mengunyah permen karet ternyata justru bisa merusak gigi. Kandungan asam pada permen karet memengaruhi enamel gigi sehingga meningkatkan risiko merusak gigi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s