Bahayakah Kebanyakan Vitamin C?

Jakarta: Vitamin C (asam askorbat) merupakan nutrisi penting bagi tubuh. Namun,bagaimana bila vitamin itu diasup terlalu banyak oleh tubuh kita. Apakah akan berbahaya?

Seperti dikutip laman health.msn.com, kandungan zat vitamin C berfungsi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan normal tubuh kita. Selain itu, vitamin ini juga dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi. Karena tubuh Anda tidak memproduksi atau menyimpan vitamin C, maka sangat penting memasukkan vitamin C dalam diet Anda.

Untuk porsi yang dibutuhkan bagi sebagian orang, segelas kecil jus jeruk ditambah satu porsi stroberi, akan memberikan cukup vitamin C untuk satu hari. Setiap vitamin ekstra C hanya akan memerah keluar dari tubuh Anda dalam urin Anda, Selasa (15/11).

Untuk orang dewasa, batas maksimal yang direkomendasikan mengonsumsi vitamin C adalah 2.000 miligram (mg) per hari. Dan bila Anda terlalu banyak mengonsumsinya, maka itu bisa menyebabkan Anda terkena diare, muntah, mulas, perut kram, sakit kepala, insomnia, dan batu ginjal.

Untuk itu, gunakan asupan gizi seimbang, karena sesungguhnya sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan bahaya bagi kehidupan. (MEL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s