Tips Berolahraga ala Liza Namuri

Jakarta: Anda termasuk orang yang jarang berolahraga akibat sibuk atau memang malas? Risiko kesehatan pasti akan menanti. Tapi sekarang jangan khawatir, Anda bisa melakukan kebugaran cukup dengan 10 menit lewat gerakan ala pakar pilates Liza Namuri.

Lalu bagaimana gerakan itu? Sangat sederhana, Anda cukup melakukan gerakan streching. Pertama, Anda cukup berdiri sambil menggerakan kedua lutut setinggi paha yang dilakukan secara bergantian selama kurang lebih dua menit. Kemudian dilanjutkan dengan gerakan kedua lengan Anda ke samping dan ke atas selama dua menit.

Gerakan ketiga membuka lebar kedua lutut anda, tekuk satu kaki di antaranya dan satu kaki dalam poisi lurus, lakukan secara bergantian selama dua menit.

Lalu gerakan keempat, yaitu posisi duduk dengan punggung menggantung (seperti sit-up) dan mengangkat kedua kaki setinggi dada secara bergantian. Kedua lengan juga reaching ke atas secara bergantian. Lakukan gerakan ini selama dua menit.

Menurut Lisa, gerakan ini bisa dilakukan berulang-ulang minimal tiga kali sehari atau maksimal delapan kali. Menurutnya, kebugaran ini sangat relevan bagi mereka yang selalu padat dengan kesibukan.

“Gerakan ini juga pas banget sehabis makan siang. Biasanya kan kita selesai makan siang kita ngantuk, nah lakukan ini. Karena gerakan ini tidak berpengaruh pada diafragma, sehingga tidak memaksa makanan ke luar, bahkan low impac,” ujar Lisa di sela-sela acara Lifestyle Clinic, FimelaFest, Granda Indonesia, Jakarta, Sabtu (26/11) malam.

Lalu bagaimana dengan mereka yang mengalami masalah persendian? Anda cukup melakukan jalan di pagi hari. Usahakan sesering mungkin melakukan gerakan-gerakan, sehingga akan menghindari kekakuan pada persendian.

“Bagi yang terkena reumatik, olahraga yang ringan seperti jalan pagi, berenang juga bagus, karena tidak menahan beban tubuh, dan semua anggota tubuh bergerak,” jelasnya.

Lalu bagi mereka yang pernah melakukan operasi kista, atau pernah mengalami cidera pada bagian perut, Anda bisa melakukan trik ini, tanpa melakukan gerakan terakhir. Atau menghindari gerakan yang berakibat pada gerakan otot perut. “Jalan pagi, streching, kurangi gerakan yang berada di bagian perut,” katanya.

Namun demikian, tandas Lisa, trik ini harus dilakuakan secara bertahap. Terlebih bagi mereka yang jarang berolahraga, karena dapat berakibat kurang baik pada tubuh. “Tubuh kita nanti akan kaget, jadi penyesuaian dulu. Jangan langsung sekaligus. Nanti kalau sudah terbiasa, Anda bisa melakukan sehari maksimal 10 kali,” paparnya.(IAN)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s