Lima Cara Tetap Fit di Musim Hujan

Musim hujan membuat badan rentan terkena penyakit. Berbagai cara dilakukan agar tubuh tetap fit. Untuk itu, ada baiknya menyimak tips di bawah ini:

1. Konsumsi Vitamin D yang cukup

Vitamin D tidak hanya baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi, tapi juga sebagai pertahanan tubuh terhadap penyakit. Mulai dari flu sampai kanker. Vitamin D dapat diperoleh secara alami dari matahari (yang sayangnya jarang kita dapatkan di musim hujan).

Dari makanan, vitamin D dapat diperoleh dari telur, hati, dan ikan. Sama seperti pada susu dan margarine yang juga diperkaya dengan vitamin D. Menurut studi yang dilakukan di Jepang pada 300 anak yang menerima suplemen vitamin D teratur, hal itu membantu 40 persen lebih kuat untuk melawan flu.

2. Konsumsi serat setiap hari

Mereka yang mengonsumsi serat larut air dalam waktu enam minggu dapat menjaga tubuh dari serangan bakteri. Serat larut air ini dapat diperoleh dari buah-buahan yang rasanya asam, seperti apel, wortel, juga sayur seperi buncis, dan oatmeal. Pastikan tubuh mendapatkan kandungan serat sebanyak 25-38 gram setiap hari.

3. Jaga berat badan Anda

Penelitian yang dilakukan di Tufts University menunjukkan bahwa berat badan yang ideal membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik daripada mereka yang mengalami obesitas.

4. Olahraga

Jika aktif, tubuh akan melepaskan energi yang diubah menjadi panas. Dengan suhu tubuh panas, suhu dingin yang disebabkan oleh hujan lebat akan tidak terasa.

5. Mengonsumsi buah-buahan segar

Buah-buahan seperti pada buah pir dan pisang dapat merangsang tubuh agar lebih sehat dan juga menyediakan energi. Ditambah dengan aroma dari lemon segar atau jahe yang juga mampu meningkatkan energi serta menghangatkan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s