Tips Merawat Gigi Anak

Sejak lahir bayi perlu mendapat perawatan pada mulutnya. Sebagaimana yang dilansir dalam laman tipsforhealth.org, di saat baru lahir, bayi mempunyai 20 gigi susu yang tertanam di dalam gusi.

Untuk itu perawatan mulut dan gigi pada bayi sejak dini sangat penting. Berikut beberapa tips yang perlu dilakukan untuk bayi Anda:

1. Saat gigi belum tumbuh, sekali-kali bersihkan gusi dan lidah bayi Anda dengan kain kasa. Hal ini bertujuan untuk menjaga gigi dan gusi dari plak dan kuman. Pada usia enam bulan sampai satu tahun, gigi pertama akan tumbuh.

Di saat itu, sikat gigi bayi Anda dengan menggunakan sikat kecil dan digosok dengan lembut. Tapi ingat, jangan gunakan pasta gigi pada bayi di bawah dua tahun.

2. Seperti kita ketahui, makanan utama bayi adalah susu. Tapi kebanyakan minum susu juga tidak baik karena akan banyak jumlah bakteri yang menumpuk pada permukaan gigi. Oleh karena itu, saat bayi Anda beranjak satu tahun, periksakan gigi bayi ke dokter gigi.

Terlebih lagi, bila bayi Anda suka mengempeng atau mengisap jari tangannya. Dokter pasti akan menyarankan Anda dan memberi tips untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

3. Di usia dua tahun, anak Anda perlu diajarkan cara menggosok gigi dengan baik dan benar. Anda juga harus rutin periksakan gigi anak ke dokter minimal setiap enam bulan sekali.

Perawatan gigi sejak dini sangat perlu bagi anak Anda. Sehingga saat mereka mulai besar, gigi mereka akan sehat dan kuat. Selamat mencoba.(ULF)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s