Pembuat Virus Incar Anak-anak

Praha: Dalam dunia teknologi informasi (IT), virus adalah musuh terbesar para pengguna komputer. Virus yang beredar selalu membuat para pengguna geram akibat dampak yang terjadi pada PC mereka. Dan kini para pembuat virus menargetkan anak-anak.

Sebagaimana yang dilansir dalam laman dailymail, Senin (16/1), pembuat virus sedang mengincar anak-anak dalam melancarkan operasi mereka. Para peretas menargetkan situs-situs game yang diam-diam menginfeksi PC orangtua mereka. Virus tersebut sangat berbahaya lantaran selain merusak sistem komputer, juga akan mencuri informasi pengguna yang terdapat pada komputer.

Hacker menargetkan situs game kartun yang menyamar sebagai website yang tak berdosa. Jika anak-anak menginstalnya maka akan membahayakan PC.

Anak-anak ‘diserang’ dengan menggunakan situs yang menawarkan permainan gratis. Contohnya, CuteArcade.com, yang dilaporkan menginfeksi 12.600 komputer, menurut perusahaan keamanan, laboratorium virus Ceko, Avast.

“Selain itu ada HiddenNinjaGames.com yang juga menimbulkan risiko,” kata perusahaan keamanan.

Dari pantauan Perusahaan Kemananan Anti Virus, saat ini telah teridentifikasi 60 situs permainan anak-anak yang diinfeksi virus. Sementara, pemilik software antivirus Avast Ondrej Vlcek berpendapat, saat anak-anak membuka laman situs-situs permainan, para peretas akan menaruh link-link agar anak-anak tersebut mengklik.

“Tanpa pikir panjang, anak-anak akan cenderung mengklik link-link yang tidak dikenal,” kata Ondrej Vlcek, CTO Software Avast.

Seperti biasa, solusi mencegah virus adalah memastikan Anda menggunakan browser yang up-to-date dan memiliki fitur keamanan seperti peringatan yang diaktifkan.

Program antivirus seperti Norton dapat diatur untuk memberikan peringatan bahwa situs mungkin terinfeksi, atau bahkan iklan dapat menimbulkan risiko.

“Minimal, orang perlu sebuah program antivirus yang terlihat untuk berbagai jenis malware dan scan situs untuk infeksi,”kata Vlcek.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s