Kelamaan Main iPad, Anak-anak Berisiko Cedera

Sydney: Perusahaan elektronik berlomba-lomba menciptakan tablet dengan sejumlah permainan yang digemari anak-anak. Namun tak disadari anak-anak menghabiskan waktu berjam-jam dengan tablet seperti iPad atau merek lainnya. Padahal permainan berteknologi ini berisiko bagi anak-anak yang mengarah ke cedera permanen jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik lainnya.

Berhati-hatilah, banyak anak-anak muda generai iPad mulai mengeluh akibat cedera orang dewasa seperti RSI atau cedera regangan berulang, dan sakit leher. Ini disebabkan mereka sering menggunakan tablet elektronik, iPhone, atau gadget lainnya.

Menurut ahli medis, pengguna mainan berteknologi yang masih muda mengeluh mengalami cedera regangan berulang-ulang di ibu jari, pergelangan tangan, dan siku, leher yang kaku, sakit kepala, dan bahu yang sakit, Senin (30/1).

Presiden Chiropractors Association of Australia (NSW) Dr Kerein Earney mengatakan, anak-anak berisiko mengalami cedera permanen akibat luka yang biasanya berhubungan dengan pekerja kantor akibat penggunaan tablet yang berlebihan, smartphone, controller, dan permainan genggam.

Dr Earney mengatakan, dia melihat pasien berusia delapan tahun dengan kurva leher berlawanan yang disebabkan bermain game genggam. Dia juga melihat seorang anak usia 15 tahun yang menghabiskan liburan sekolah dengan menonton televisi dan bermain game koputer dan mengalami nyeri otot dan migrain.

“Ketika anak-anak memainkan game atau menggunakan mainan berteknologi, mereka sering berselonjor di kursi, kepala tertunduk dan mereka banyak menekan kepala mereka,” katanya.

“Mereka seperti itu untuk jangka waktu yang cukup signifikan dan ini kita temukan pada banyak anak. Saya pribadi telah memperhatikan dan rekan-rekan saya juga melihat lebih banyak anak yang datang dengan keluhan seperti orang dewasa seperti RSI di pergelangan tangan dan siku karena mereka bermain game komputer atau SMS yang begitu sering.

“Ini adalah masalah karena jika anak berkondisi demikian, itu benar-benar mulai membuat tulang di leher mulai memburuk lebih awal. Ini akan berakhir menjadi mahal dan akan menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang..”

Dr Earney mengatakan dia juga melihat lebih banyak orang dewasa yang menghabiskan banyak waktu bermain dengan perangkat elektronik mereka.

“Saya tidak berpikir orang menyadari dampak dari permainan elektronik dan media elektronik dan peralatan yang mereka gunakan.”

Michael Papadakis mengatakan putranya William, 10, dan Kwak, 8, memiliki akses ke perangkat termasuk iPod, Nintendo DS, PlayStation 3, Xbox dan iPad tetapi mereka juga sangat aktif.

“Pandangan umum saya adalah segalanya tidak berlebihan. Ini baik untuk fisik, tidak apa-apa menetap selama ada keseimbangan,” kata Papadakis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s