Mengetahui Wanita Menstruasi dari Suara

London: Pria benar-benar bisa mengetahui seseorang wanita sedang menstruasi alias datang bulan hanya dari suaranya. Suara tersebut memiliki ciri khas jika dibandingkan wanita yang sedang tidak menstruasi.

Demikian sebuah studi baru dirilis peneliti seperti dikutip laman timesofindia.com, Ahad (29/1).

Peneliti ini dipimpin Nathan Pipitone di Adams State College dan Gordon Gallup dari SUNY-Albany. Para peneliti meminta tiga kelompok pria untuk mendengarkan rekaman suara dari sepuluh wanita. Mereka menghitung dari satu sampai lima di empat titik yang berbeda selama siklus menstruasi mereka.

Menurut Popular Science, keempat rekaman dimainkan dalam urutan acak. Kemudian kelompok pria pertama diminta menebak suara kaum wanita mana yang sedang datang bulan.

Hasil studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Etologi ini menunjukkan sebanyak 35 persen pria sukses menebaknya dengan benar dan itu digambarkan sebagai hasil yang signifikan. Dan kelompok kedua dalam studi itu mengenal suara wanita selama menstruasi sebanyak 34 persen.

Sebuah studi dari dua ilmuwan empat tahun yang lalu sudah menunjukkan bahwa pria mengenali suara-suara rekaman perempuan yang sedang berovulasi jauh lebih menarik daripada wanita yang sedang dalam siklus periode (menstruasi).

Menurut laki-laki yang ikut ambil bagian dalam riset ini, suara perempuan yang sedang menstruasi dapat diketahui dengan empat indikator yaitu: suasana hati, kualitas, nada, dan kecepatan. Beberapa mereka mengatakan bahwa rekaman wanita yang menstruasi lebih rendah dalam nada, kualitas, dan suasana hati.

“Para pria tampaknya telah menentukan suara menstruasi dengan memilih suara yang paling menarik,” ujar Pipitone. Ia menambahkan bahwa hormon itu yang membuat suara perempuan menurun, dan menginduksi perubahan vokal.

“Produksi vokal erat dengan biologi kita. Sebagai contoh, sel-sel dari laring dan vagina yang sangat mirip dan menunjukkan reseptor hormon serupa,” katanya.

Gallup menyimpulkan bahwa suara seseorang berisi sejumlah informasi reproduktif yang relevan serta mengejutkan. (MEL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s