Tips Menjaga Kesehatan Mata bersih dan sehat

Seringnya kita berada di depan komputer dapat meningkatkan permasalahan kesehatan pada mata. Apa yang dapat dilakukan? Penting untuk mengetahui bagaimana anda dapat melindungi kesehatan mata anda melalui tes kesehatan mata dan melakukan beberapa perubahan kecil pada kebiasaan anda menggunakan komputer.

Berikut adalah beberapa tips bagaimana menjaga kesehatan mata.

1. Posisi adalah Segalanya.
Posisi yang benar dari komputer, keyboard dan posisi mengetik adalah sangat penting. jarak layar komputer dengan mata setidaknya satu panjang lengan tangan dan kemiringan layar setidaknya 20 derajat dari pandangan mata.

2. Pencahayaan dapat membuat perbedaan.
Arah cahaya lampu kamar diusahakan tidak langsung mengarah ke komputer (usahakan membaur) untuk mengurangi silau dan pantulan dari layar monitor. Pastikan untuk mengatur warna, kontras dan tingkat kecerahan yang sesuai untuk Anda.

3. Tambahkan anti-reflectif coating pada kacamata anda.
Anti-reflektif Coatings pada lensa kacamata Anda dapat dipasang oleh ahli kacamata untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat cahaya monitor.

4. Luangkan waktu istirahat, ikuti aturan 20-20-20.
-Langkah Pertama
Setelah 20 menit, cobalah untuk melihat objek lain selain layar monitor dimana objek tersebut berjarak kira-kira 20 kaki dari Anda. perubahan jarak fokus mata anda dapat mengurangi kelelahan pada mata.
-Langkah Kedua
Kedipkan mata anda setidaknya 20 kali untuk melembabkan bola mata.
-Langkah Ketiga.
Ubah posisi duduk atau berjalan kaki setelah 20 menit menggunakan komputer agar sirkulasi darah dalam tubuh anda lancar.

Info Menarik Soal Berkedip.
Tahukah anda kalau dalam satu menit kita berkedip 12 kali, tapi ketika menggunakan komputer kita hanya berkedip 5 kali. Itulah sebabnya ketika menggunakan komputer terkadang mata kita terasa perih dan kering karena berkurangnya frekuensi kedipan. Jika hal ini sudah terlanjur terjadi, gunakan obat tetes mata dan jangan lupa berkedip.sengihnampakgigi

5. Memijat Mata.
Jauhkan kursi dari monitor, lalu duduklah dengan rileks. Usapkan kedua telapak tangan Anda hingga terasa hangat. Lalu pijat ringan kedua bola mata Anda setidaknya 60 detik.

6. Membasuh wajah.
Ketika beristirahat, basuhlah wajah anda. Hal ini dapat membantu anda lebih rileks.

7. Gunakan Kantong Teh.
Simpan dua buah kantong teh di dalam lemari es sebelum anda berangkat bekerja. Setelah pulang bekerja, gunakan kedua kantong teh itu untuk mengkompres mata anda. Cara ini selain bertujuan untuk mengobati kelelahan pada mata juga untuk mengurangi bengkak yang terjadi.

8. Makan makanan sehat
Perbanyak makan makanan yang mengandung vitamin A, C dan E seperti buah, sayuran hijau, daging unggas dan susu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s