Besok, Microsoft Indonesia Perkenalkan Windows 8

Besok, Microsoft Indonesia Perkenalkan Windows 8

Jakarta: Windows 8 segera diluncurkan. Lantaran itulah, produsen sistem operasi Microsoft tidak akan lagi membicarakan Windows 7 ataupun seri-seri di bawahnya.

“Peluncuran resmi Windows 8 ke konsumen nanti [pada] 26 Oktober. Kalau versi release to manufacture (peluncuran bagi produsen komputer) sudah Agustus lalu,” kata Technical Evangelist Developer and Platform Group PT Microsoft Indonesia, Norman Sasono di Jakarta, baru-baru ini.

Norman menjelaskan spesifikasi teknis komputer yang dibutuhkan untuk Windows 8 jauh lebih ringan dibanding Windows 7.

Spesifikasi minimal untuk Windows 8, yaitu prosesor berkecepatan satu gigahertz, kartu RAM satu gigabyte hingga dua gigabyte, ruang hard disk 16 gigabyte hingga 20 gigabyte, dan kartu grafis sesuai Microsoft DirectX 9.

Tentunya, Windows 8 mempunyai keunggulan fitur sentuh yang tidak dimiliki sistem operasi pendahulunya.

“(Windows 8) masih dapat diinstal di komputer atau laptop (komputer jinjing) yang tidak mempunyai teknologi sentuh (touch), tapi fungsi-fungsinya akan terbatas,” kata Norman.

Meskipun mempunyai gaya tampilan antarmuka (user interface) berbentuk kotak-kotak, Windows 8 juga masih memiliki tampilan antarmuka desktop yang menyerupai Windows 7 tanpa tombol start.

Norman juga menyebut aplikasi berbentuk kotak-kotak kecil tampilan muka Windows 8, seperti cuaca atau media jejaring sosial, akan selalu memperbarui konten di dalamnya.

“Jika komputer tidak terkoneksi internet, aplikasi itu akan menampilkan pembaruan terakhir sebelum koneksi internet terputus,” kata Norman.

Perbedaan lain Windows 8 ketimbang sistem operasi sebelumnya, menurut Norman, adalah pengguna harus mengunduh piranti-piranti lunak atau aplikasi yang akan dipasang di komputer dari Windows Store (mirip Google Play atau App Store Apple). Kecuali untuk beberapa program tertentu yang berkapasitas besar seperti program penyunting gambar atau video.

Adapun Microsoft Indonesia akan memperkenalkan 50 perangkat tablet atau komputer yang mendukung Windows 8 pada Device Day di Mal Taman Anggrek, Jakarta pada 26-28 Oktober 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s