2 Hal yang Paling Dilirik Gamer dari Game

Mickiejuniors : Kualitas sebuah game ditentukan oleh banyak elemen, diantaranya tema game, alur cerita, warna, tampilan grafis, gameplay, theme song yang menunjang permainan hingga disain karakter yang diciptakan.

Tidak semua karakter yang ada pada game dirancang enak dipandang mata, meski developer berusaha melakukan yang terbaik. Lalu seperti apa sih kriteria game yang bagus? Tentu jawabannya beragam karena selera orang berbeda-beda, tergantung siapa yang memainkannya.

Menurut ‘kacamata’ Irvan Noor, gamer sekaligus development team dari Indogamers yang ditemui usai acara seminar Game Online, kriteria game yang oke adalah yang gameplay-nya enak atau bagus. Gameplay adalah aspek interaktif dari sebuah disain game, yang melibatkan interaksi pemain dengan game tersebut.

Gameplay dapat dilihat dari bagaimana pemain berinteraksi dengan permainan, pola yang ditetapkan melalui aturan permainan, hubungan antara pemain dan permainan, tantangan dan cara mengatasinya, hingga plot.

Gameplay video game dibedakan menjadi beberapa jenis, misalnya, gameplay “cooperative” yang melibatkan kerjasama para pemain, atau deathmatch dimana para pemain bersaing untuk membunuh satu sama lain. Contoh gameplay lainnya adalah “twich” yang menguji presisi dan reaksi waktu para pemain.

Yang kedua, game yang bagus adalah yang visualnya oke. Bagaimanapun, tampilan grafis turut berpengaruh mood bermain. Jika visualnya tidak enak dipandang mata, misalnya warnanya terlalu mencolok, terlalu banyak asesoris, ini bisa membuat mata menjadi cepat lelah.

Terlepas dari elemen-elemen lainnya yang menunjang kualitas sebuah video game, game yang bagus dapat dilihat dari banyaknya pemain yang memainkan game tersebut. Contohnya game Angry Birds atau FarmVille. Game ini simpel tapi banyak dimainkan orang. “Jadi jika secara kualitas gamenya bagus, pasti banyak yang main”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s