12 Tips Sehat Saat Dompet Tipis

12 Tips Sehat Saat Dompet Tipis

Jakarta: Harga barang, termasuk bahan makanan setiap tahun semakin mahal. Kenaikan itu tentu mempengaruhi seseorang dalam mengonsumsi makanan sehat. Meski secara ekonomi krisis, masalah kesehatan dan kebugaran jangan lupa diperhatikan.

Anda bisa tetap sehat tanpa bangkrut dengan beberapa tips berbelanja di bawah ini seperti dikutip dari Healthmeup, Senin (19/11/2012):



1. Beli produk lokal

Daripada pergi ke supermarket, Anda bisa membeli ke pasar tradisional. Toko-toko lokal juga menjual produk seperti supermarket dan terkadang produknya lebih baik meski harga jauh lebih murah. Anda juga bisa menghemat pengeluaran dengan menawar harga makanan yang akan dibeli.

2. Mencegah lebih baik dibanding mengobati

Zaman sekarang segala sesuatunya mahal, termasuk ketika berobat.Pencegahan akan menghemat biaya lebih banyak. Selain belanja di pasar lokal, Anda juga harus menghindari mengonsumsi makanan junk food dan tetap berolahraga.

3. Pilih satu toko

Memilih satu toko artinya Anda tidak usah pindah tempat ketika mencari barang-barang untuk rumah tangga dan perawatan pribadi. Ini akan menghemat waktu, biaya, dan bahan bakar. Selain itu, pemiliki toko bisa saja memberikan diskon untuk pelanggannya agar tetap setia.

4. Belanja online

Saat ini banyak situs yang menjual sejumlah produk dan jasa demi hidup sehat. Pesanan massal bisa membuat Anda mendapatkan diskon yang tinggi. Ajak teman dan keluarga ikut dalam tawaran ini untuk mendapatkan keuntungan maksimum.

5. Rencanakan sebelum berbelanja

Buat daftar belanja Anda agar belanja lebih mudah. Ini akan mencegah Anda membeli produk yang tidak diperlukan serta membantu Anda membeli barang yang dibutuhkan. Berbelanjalah setelah mencatat semua produk yang sehat dan bergizi yang tinggi.

6. Mengunyah popcorn

Kunyahlah popcorn setiap perut Anda lapar di malam hari. Popcorn harganya murah. Pilihlah popcorn yang rendah kalori dan tinggi serat.

7. Sup sebelum makan

Ketika Anda makan di luar, mulailah dengan makan sup yang rendah lemak. Sup yang banyak tapi rendah kalori bisa membantu mengisi perut Anda lebih cepat.

Di rumah, buatlah sup daripada membeli paket sup yang sudah siap saji. Selain pilihan ini jauh lebih sehat, sup buatan sendiri meningkatkan kekebalan tubuh Anda dan membuat Anda aman dari flu musiman. Ini juga menghemat biaya medis.

8. Olahraga gratis

Tidak semua olahraga harus ikut keanggotan gym yang mahal. Lihatlah lingkungan di sekitar Anda dan Anda akan menemukan kelompok penggemar kebugaran yang senang olahraga di luar ruangan. Gunakan pilihan gratis seperti joging di taman atau senam ramai-ramai di lingkungan rumah Anda.

9. Makan di luar sesekali

Buat makanan sendiri, ini mengontrol bahan makanan dan relatif jauh lebih murah daripada makanan luar. Oleh karena itu, selalu membawa beberapa buah-buahan atau makanan ringan di mana pun Anda pergi dan selalu mengisi perut Anda.

10. Ambil asuransi kesehatan

Selalu merencanakan masa depan yang sehat. Berinvestasi tahunan dalam rencana medis untuk menghindari biaya yang lebih besar.

11. Berbelanja saat diskon

Berbelanjalah ketika supermarket mengumumkan penawarannya. Ini membantu Anda menghemat.

12. Pilih makanan segar

Makanan segar tidak hanya sehat tapi juga jauh lebih murah dibanding makanan olahan. Apakah itu daging, buah-buahan, sayuran, atau bahkan produk biji-bijian, temukan penjual yang menjual segala sesuatu yang segar.

Anda akan menemukan bahwa metode belanja dan konsumsi ini sehat di badan dan mencegah pengeluaran membengkak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s