Kulit Jeruk Jangan Dibuang, Pakai untuk Ini

 

Kulit Jeruk Jangan Dibuang, Pakai untuk Ini

Jakarta: Saat memakan jeruk biasanya kita mengupas kulitnya dan membuangnya begitu saja. Namun mulai sekarang jangan lagi membuang kulit jeruk karena banyak manfaatnya.

Kulit jeruk dan apel hampir serupa karena banyak nutrisi dan manfaatnya. Menurut penulis The New Whole Foods Encyclopedia, Rebecca Wood, sebuah jeruk mengandung lebih dari 60 flavonoid dan 170 fitonutrien yang berbeda. “Mereka baik untuk kulit Anda, sistem Anda dan rumah Anda juga,” ujar Wood seperti dikutip HealthMeUp, Jumat (16/11/2012).

Dr Jaishree Bhattacharjee, konsultan Ayurvedic dengan Satvikshop membantu menjelaskan kegunaan dari kulit jeruk:

1. Kandungan obat di kulit jeruk

Jeruk bisa meningkatkan pencernaan dan kelemahan di perut. Ini juga bisa membantu menghilangkan gas, mulas, muntah, dan letusan asam. Jeruk juga baik untuk menambah nafsu makan dan menghilangkan mual.

2. Manfaat kulit jeruk

Manfaat kulit jeruk datang dari minyak esensial yang memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi. Minyak atsiri d-limonene mempunyai kemampuan meredakan asam lambung dan mempertahankan gerakan normal dari usus. Minyak itu juga meningkatkan fungsi normal hati.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kulit jeruk dapat melarutkan kolesterol dan trigliserida. Itu berarti mengonsumsi kulit jeruk dapat menguntungkan orang obesitas yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Jeruk juga memiliki flavonoid yang dikenal sebagai hesperidina, yang katanya efektif melawan kanker usus besar dan osteoporosis.

Minyak atsiri dari kulit jeruk bisa menenangkan secara alami sehingga dapat digunakan untuk menenangkan saraf dan memicu tidur. Gunakan kulit jeruk dalam bak mandi atau didihkan dalam panci untuk mengangkat suasana hati Anda dan mengusir insomnia.

3. Kecantikan dari kulit jeruk

Kulit berminyak merespons dengan baik penggunaan kulit jeruk. Ini bisa menyeimbangkan minyak di kulit dan membuat kulit halus serta lembut.

Kulit jeruk kering bertindak sebagai exfoliators alami dan menghilangkan sel-sel mati dan komedo dengan lembut dan alami, memberikan cahaya di kulit.

4. Kulit jeruk membantu menghilangkan flek dan noda

Karena bisa membersihkan, anti-inflamasi, antibakteri dan antijamur, kulit jeruk juga baik untuk melawan jerawat.

5. Mengharumkan rumah

Kulit jeruk bisa menghilangkan bau lembab dan yang tidak mengenakkan di rumah serta mengisinya dengan aroma yang segar. Anda cukup merebusnya di dalam air bersama cengkeh atau kayu manis.

6. Kulit jeruk untuk masakan

Saat memasak, kulit jeruk bisa meningkatkan rasa dan aroma pada makanan. Kulit jeruk juga menyerap kelembaban dari gula merah. Permen manis yang dibuat dari kulit jeruk bisa menggelitik selera dan meningkatkan nafsu makan. Vitamin C di dalamnya akan melindungi tubuh dari banyak penyakit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s